Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review: Cara Main COC Untuk Pemula Dilengkapi Panduan Gambar

Saya sendiri pertama kali mengenal game clash of clans dari adik dan beberapa orang teman. Sebuah game yang telah di unduh lebih dari 100juta pengguna di Google play store berbasis operating system android dan Ios.

Setelah saya menginstall game ini, langsung saja saya memainkannya.

Karena baru pertama kalinya saya bermain game strategi online dengan gambar bergerak, jadi rada kagok memainkannya. Bingung karena ada banyak tombol sana sini yang harus di pencet. Apalagi waktu itu, game ini di rilis berbahasa inggris.

Namun, setelah sekian lama bermain hampir 2 bulan lebih, ternyata seru juga.

Di permainan coc, kita dapat membangun desa, menyerang musuh, bertahan, chat dengan pemain lain dan aktivitas lainnya. Pastinya seru banget lho..

Jika kamu baru pertama kali memainkan game ini, saya punya tutorial cara bermain coc dilengkapi gambar.

Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

Cara main coc:

1. Pahami Setiap Icon

Jika baru pertama kali bermain clash of clans pastilah bingung disetiap icon yang ada, namun itu tak akan berangsur lama jika sobat pernah memainkan game strategi lainnya yang mudah beradaptasi seperti bunglon. Kalau orang yang ga' pernah main game, pastinya bingung. Panduannya terlihat pada gambar di bawah ini.


Keterangan :

a. Troopy

merupakan prestasi yang diraih ketika menyerang lawan atau mempertahankan base dari serangan lawan. Troopy juga menandakan pemain sering melakukan penyerangan dan base yang dibuat sangat baik dalam mode bertahan sehingga mendapat troopy.

Akan ada penghargaan khusus jika sudah mencapai troopy tertentu berupa gems gratis yang dapat dilihat di "hadiah gems".

b. Pesan

Hampir mirip la dengan kotak masuk yang ada di smartphone kita.

Disini kamu dapat membaca log serangan masuk masuk atau keluar, melihat undangan clan, membalas seseorang yang melawan desa kamu dan menerima pesan dari pemimpin clan.

Disini kamu dapat membaca log serangan masuk masuk atau keluar, melihat undangan clan, membalas seseorang yang melawan desa kamu dan menerima pesan dari pemimpin clan.

c. Chat

Disini kamu dapat bertukar cerita dengan teman satu clan atau secara global. Dapat membuat strategi war, bertukar cerita, membangun relasi bisnis hingga cari jodoh pun bisa disini.. yang jomblo silahkan saja dicoba.

d. View Troops

Di icon ini kita dapat melihat pasukan dan spell (mantra) apa saja yang telah kita buat.

Di icon ini kita dapat melihat pasukan dan spell (mantra) apa saja yang telah kita buat. Fungsinya, pada saat sebelum kita menyerang pemain lain, cek dulu kelengkapan pasukan di icon ini

Fungsinya, pada saat sebelum kita menyerang pemain lain, cek dulu kelengkapan pasukan di icon ini

e. Cari Nafkan

Pada icon ini sobat dapat menyerang pemain lain melalui icon multiplayer di dalam nya untuk mendapatkan gold, elixir dan dark elixir guna pembangunan desa.

Sobat juga dapat menjalankan misi penyerangan ke rumah goblin. Jika berhasil sobat akan mendapatkan imbalan gold, elixir dan dark elixir serta gems secara gratis disini.

f. Gold dan elixir

adalah sumber daya yang digunakan untuk membangun desa dan membuat pasukan. Kemudian jika sobat sudah di TH 7 akan muncul dark elixir yang fungsinya sama dengan gold dan elixir.

g. Gems

digunakan untuk mempercepat proses pembangunan / upgrade suatu bangunan atau pasukan.

h. Hadiah Gems

Sobat dapat menyelesaikan misi untuk mendapatkan gems secara gratis namun perlu perjuangan untuk mendapatkannya.

i. Pengaturan

Disini sobat dapat mengelola akun COC lebih dari satu dan sebagainya

j. Shop

Semacam toko yang berisikan berbagai macam bangunan yang dapat dibuat dan sobat juga dapat membeli gems di shop

k. Perlindungan Pemain

Jika perlindungan pemain kita aktif, pemain lain tidak dapat menyerang kita, tapi kita dapat menyerang pemain lain. Namun, perlindungan aktif kita berkurang. Kamu juga dapat menghilangkan perlindungan aktif atau menambah perlindungan aktif. Untuk menambah perlindungan aktif, kita membutuhkan gems

l. Builder

Builder atau tukang bangunan, kita dapat melihat pekerjaan apa saja yang perlu di bangun dan kita dapat melihat jumlah builder yang tidak bekerja

m. Modifikasi Base

Jika agan dan sis ingin membuat, mengganti base yang sekarang ke base yang baru dan terkuat, pencet menu ini. 

ika agan dan sis ingin membuat, mengganti base yang sekarang ke base yang baru dan terkuat, pencet menu ini

Agan dan sis dapat melihat - lihat blog basecoc1 untuk mendapatkan base coc terkuat dari segi pertahanan

Kemudian jika agan dan sis ingin membuat pasukan atau mengupgrade pasukan dapat memilih bangunan barak dan laboratorium seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini. Dan jika masih kesulitan dalam bermain, pencet saja tulisan info. Disana dijelaskan semua mengenai fungsi bangunan, kegunaannya apa, jumlah nyawa pasukan, seberapa kuat pasukan coc dan sebagainya.

Kemudian jika agan dan sis ingin membuat pasukan atau mengupgrade pasukan dapat memilih bangunan barak dan laboratorium seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.

Setelah kita memahami setiap icon yang ada di permainan ini, selanjutnya adalah memperhatikan skala prioritas. Agan dan sis dapat melihat - lihat setiap icon yang ada. Pahami terlebih dahulu. Kemudian kami akan memberikan beberapa tips dalam bermain coc.

2. Bermain COC itu Jangan Seperti Orang Kebelet Croot

Banyak pemain yang memainkan COC dalam katagori desanya masih tergolong prematur.

Misalnya, ada pemain COC yang sudah memiliki Town Hall level 7 ternyata dari segi defence seperti air defence masih di level 1 sedangkan wall masih di level 4. Pemain seperti ini adalah pemain prematur, yang seharusnya sebelum melangkah ke TH 7, pada TH 6 air defence setidaknya sudah di level 3 minimalnya.

Contoh TH 10 prematur :

Banyak pemain yang memainkan COC dalam katagori desanya masih tergolong prematur.
Sumber gambar : forum,supercell,com
Memang lama kalau hingga menunggu maksimal dari segi pertahanan. Jika tidak ingin menunggu kesemuanya secara maksimal paling tidak dari segi defence menyisakan 2 atau 3 yang tidak diupgrade maksimal dan lainnya seperti ada beberapa pasukan berupa goblin yang tidak diupgrade maksimal.

3. Jangan Sia-Siakan Gems

Gems dalam permainan COC adalah barang mahal karena tidak dapat dicari seperti mencari gold, elixir dan dark elixir. Mengumpulkannya pun diperlukan waktu yang lama, misalnya dengan membersihkan pohon, kayu, batu, dan sebagainya.Gems dalam permainan COC adalah barang mahal karena tidak dapat dicari seperti mencari gold, elixir dan dark elixir.

Mengumpulkannya pun diperlukan waktu yang lama, misalnya dengan membersihkan pohon, kayu, batu, dan sebagainya. Dengan menyelesaikan misi sobat juga akan mendapatkan gems gratis.

Selagi diawal permainan jangan menggunakan gems untuk mempercepat proses pembangunan atau melakukan yang lainnya. Gunakan gems untuk membeli builder huts yang membutuhkan gems yang banyak. Kumpulkan saja hingga cukup.

4. Shiel Masih Aktif dan Jangan Asal Serang

Seringkali jika pemain ingin merampok pemain lain di multiplayer, yang dilakukannya asal serang karena tergoda dengan jumlah gold, elixir dan dark elixir yang melimpah. Jangan asal serang begitu saja, kenapa ?

Kemungkinan jika pasukan sobat belum kuat, dipastikan gagal terus hasilnya sia-sia saja malah rugi elixir.

Kemudian bisa jadi pemain yang kita serang akan menyerang balik untuk melakukan pembalasan karena kita telah mengambil sejumlah sumber dayanya. Hasilnya troopy kita akan turun, sumber dayapun diembat lagi jika belum sempat kita gunakan.

Nah, jika shield masih aktif jangan pengen nyerang aja.. lihat kapasitas storage gold, elixir dan dark elixir. Full apa kagak, jika full ternyata builder huts masih sibuk sebaiknya jangan serang hingga sumber daya dapat kita gunakan setelah bulder huts selesai membangun atau mengupgrade.

5. Buatlah Formasi Base Sesuai Dengan TH yang Kamu Miliki

Dalam membuat base, carilah desain base yang terkuat agar lawan tidak mudah mengambil gold, elixir dan dark elixir dengan begitu mudahnya masuk kepertahanan base kita. Ada banyak contoh base yang ada di situs ini dapat anda gunakan secara bebas tanpa adanya privacy. Silahkan saja... Namun, memilih base jangan sepert gambar di atas.

6. Berhati-Hati Dengan Iming-Iming Gems GrAtis

Banyak sekali situs di internet yang beredar yang memberikan informasi bahwa dengan cara ini sobat akan mendapatkan sejumlah gold, elixir, dark elixir dan gems tanpa batas ga' bisa habis habis.

Cheeat semacam ini tentunya ilegal dan tidak dibenarkan oleh Supercell selaku developer. Jika pun ada kemungkinan akun pemain akan terkena banned.

Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah tergoda iming iming gems gratis. Apalagi syaratnya harus login terlebih dahulu. Bisa jadi, akun anda akan lenyap beserta dengan email.

Kebanyak cara yang ada, hanya digunakan oleh pemilik situs untuk menggiring pengunjungnya kesitus tertentu agar mengklik suatu iklan atau apalah semacamnya. Yang sobat lakukan hanyalah sia-sia, hanya menghabiskan kuota internet saja. Karena sobat akan digiring ke situs ini, situs itu.. ujung-ujungnya mesti bayar... admin pengalamanan soalnya, hanya hoax saja...

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, karena ini permainan strategi online.. dalam memainkan coc, ya santai saja.

Nikmati proses kenaikan TH. Selebihnya, untuk mempermudah anda bermain, kami juga akan menyajikan video coc pemula yang dapat anda lihat di bawah ini. Dengan ini, anda akan lebih mudah paham dan mengetahui langkah - langkah cara main coc yang benar.


Sumber video: youtube chanel syafiq anshori. Jika agan dan sis ingin menambahkan tips bermain coc yang kami berikan ini atau ingin mengoreksi apa yang telah kami sampaikan, silahkan memberikan komentarnya di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Review: Cara Main COC Untuk Pemula Dilengkapi Panduan Gambar"